....Selamat Datang Di Children Ensiklopedia...

TIPS : Tekan Tombol NEXT PAGE untuk Melihat Halaman selanjutnya

Manfaat Bulan Bagi Planet



bulan, supermoon, gambar hot
Bulan yang ternyata berfungsi sebagai penyeimbang planet dan iklim
Dari hasil simulasi komputer menunjukkan bahwa sekitar 10 persen dari planet-planet di jagad raya ini mempunyai bulan berukuran besar. Fungsi dari bulan-bulan tersebut adalah untuk membantu menstabilkan kemiringan planet.

Dalam Scientific American, Senin (27/6/2011) disebutkan bahwa Bulan kita mempunyai fungsi sebagai penyeimbang Bumi. Manakala bulan tidak ada atau seandainya tidak diciptakan oleh Allah, maka posisi Bumi akan goyah. Di samping itu, bulan juga memerankan fungsi sebagai alat untuk menstabilkan iklim di Bumi. Subhana Allah!!!

Dijelaskan oleh para peneliti bahwa terbentuknya bulan bermula dari puing-puing reruntuhan Mars yang mengelilingi Bumi saat masih berusia muda.

Sebagai tambahan informasi, Planet-planet lain di Tata Surya kita yang tidak memiliki bulan adalah Venus dan Merkurius.

Sekelompokahli  peneliti melakukan simulasi formasi ratusan planet, dan mereka berhasil menemukan bahwa hampir separuh dari jumlah planet yang ada memiliki latar belakang yang sama dalam hal memiliki bulan. Dan hampir sekitar 10 persen dari planet-planet yang ada mempunyai bulan besar, bila dibandingkan dengan bulan milik Bumi.

Dari hasil penelitian ini dinyatakan bahwa bila planet seperti Bumi ada cukup banyak jumlahnya, maka mereka akan mendapat keuntungan yang sama dari bulan, yaitu mendapat penyeimbang iklim dan posisi planet.

Penelitian yang berjudul 'How Common Are Earth-Moon Planetary Systems?' ini dipublikasikan dalam jurnal sains Icarus.