....Selamat Datang Di Children Ensiklopedia...

TIPS : Tekan Tombol NEXT PAGE untuk Melihat Halaman selanjutnya

Kontes Menamai Planet Sepupu Bumi

Namun, ditegaskan bahwa nama yang menang dalam kontes ini tidak akan jadi nama resmi bagi Alpha Centauri Bb.

planet,tata suryaIlustrasi planet (thinkstockphoto)
Perusahaan swasta bernama Uwingu memutuskan untuk mencari nama baru bagi planet bernama Alpha Centauri Bb. Planet ini merupakan "sepupu" dekat Bumi dengan permukaan berbatu dan berjarak 4,3 tahun cahaya dari tempat tinggal manusia.
Alpha Centauri Bb ditemukan Oktober 2012 silam dan dinyatakan terlalu panas untuk menampung kehidupan. Planet ini berada di sistem Alpha Centauri yang merupakan sistem terdekat dengan Matahari kita.
Untuk mendapatkan nama baru bagi Alpha Centauri Bb, Uwingu mengadakan kontes pemilihan nama, Selasa (19/3). "Coba kita lihat, nama apa yang diinginkan penduduk Bumi untuk planet sepupu terdekat," kata CEO Uwingu, Alan Stern, yang juga mantan peneliti di NASA.
Pengusulan nama ini dipungut biaya sebesar US$4,99 atau setara dengan Rp48 ribu-an. Uwingu menyatakan dana yang terkumpul akan digunakan untuk mendanai eksplorasi ruang angkasa, pendidikan, dan riset.
Ditambahkan oleh Stern, kontes ini merupakan cara baru menyatukan penduduk Bumi dari berbagai rentang usia dan negara dalam penemuan eksoplanet. "Juga untuk mendanai penelitian dan pendidikan luar angkasa dalam prosesnya," ujarnya.
Orang yang memenangi kontes penamaan ini akan menerima plakat dan beberapa materi lain. Untuk berpartisipasi, mereka yang tertarik bisa langsung mengunjungi situs resmi uwingu.
Namun, ditegaskan oleh pihak Uwingu, nama yang menang dalam kontes ini tidak akan jadi nama resmi bagi Alpha Centauri Bb. Satu-satunya badan yang berwenang menamai benda-benda astronomi adalah The International Astronomical Union atau IAU.