....Selamat Datang Di Children Ensiklopedia...

TIPS : Tekan Tombol NEXT PAGE untuk Melihat Halaman selanjutnya

Colloseum Dulunya Penuh Dengan Warna

Restorasi yang dilakukan sejak Oktober 2012 lalu berhasil menemukan bukti warna merah terang, biru, hitam, putih, dan hijau.

koloseum,roma,italiaKoloseum Roma, Italia. (Thinkstockphoto)
Dalam proses restorasi Koloseum Roma, Italia, ditemukan bahwa dulunya bangunan bersejarah ini penuh dengan warna. Bukan hanya satu warna seperti saat ini yakni abu-abu kecoklatan.
Restorasi yang dilakukan sejak Oktober 2012 lalu berhasil menemukan bukti warna merah terang, biru, hitam, putih, dan hijau di bagian koridor. Seksi ini diketahui digunakan warga Roma ketika menuju arena Koloseum untuk menyaksikan pertandingan berdarah antargladiator.
Warna ini menandakan pernah adanya lukisan dinding di jalur yang mengelilingi arena. Para pakar yang terlibat dalam restorasi ini berharap bisa menghidupkan kembali lukisan dinding tersebut.
Beberapa bagian yang direstorasi menggambarkan dunia gladiator --petarung di zaman Kerajaan Roma yang bertanding hingga mati. Termasuk juga penggambaran pedang, karangan bunga, daun salam, bahkan adegan erotis.
Bersama dengan restorasi ini, ditemukan grafiti dari daun palem untuk merayakan kemenangan gladiator. Para peneliti kini melakukan studi lebih lanjut untuk mengetahui kapan tepatnya seluruh dekorasi warna itu tercipta.
Koridor yang menjadi lokasi penemuan ini sendiri belum dibuka untuk umum. Rencananya, setelah restorasi selesai, koridor baru akan diizinkan dilihat publik pada pertengahan tahun 2013.